( Majalah Online Klasik ) Ford Fiesta, mobil subcompact dengan sistem pengerak front wheel drive ini sebenarnya telah cukup lama keberadaanya di dunia. Pasti belum banyak yang tau kan sejak kapan percisnya generasi Ford Fiesta telah mengaspal ?
Pada awalnya model Fiesta dideveloped di bawah nama “Bobcat” project dan telah di setujui untuk dikembangkan oleh Henry Ford pada September 1972. Sedangkan pengambilan nama Fiesta diberikan langsung oleh pihak General Motors. Fiesta telah ada sejak 1976, diproduksi dan dipasarkan oleh Ford Motor Company dan di buat di beberapa negara seperti, Eropa, Brazil, Mexico, Argentina, China, India. Nah, untuk mengetahui garis perjalananya simak saja sedikit tapak tilasnya di bawah ini .
Fiesta Mark I (1976-1983) - First Generation

Dengan sistem transmisi empat percepatan manual dan mesin versi terbaru dari Ford Kent OHV dan dibangun di pabrikan baru di Almussafes Spanyol maka mobil tersebut pun dijuluki “Valencia”. Meskipun Fiesta bukanlah salah satu produk Ford yang pertama kali menggunakan sistem transmisi pengerak roda depan, namun secara garis depanya Ford Fiesta dikreditkan sebagai model Ford pertama yang sukses menggunakan pengerak tersebut.


Pada pertengahan 1981, Ford Fiesta mendapat revisi ulang di bagian bumper depannya yang lebih diperbesar lagi mengikuti regulasi yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah angka kecelakaan.
Ford Fiesta II ( 1983-1989) Second Generation


Ubahan fersi facelift membuat Fiesta dapat bersaing ketat dengan Vauxhall dan Austin Metro yang termasuk dalam jajaran mobil supermini di Inggris pada waktu itu. Kurang lebih 150,000 Fiesta terjual di Inggris pada 1987.
Fiesta Mark III (1989–1997) Third Generation
Generasi ketika lahir dengan beberapa varian model yang diantaranya adalah, 3-door hatchback, 5-door hatchback, 3-door panel van, dan juga 3-door 'high cube' panel van. Generasi Fiesta ke tiga ini memiliki umur produksi terpanjang dari setiap generasi Fiesta hingga saat ini, selain itu juga telah mencapai penjualan tahunan tertinggi pada awal 1990-an, dan mengalami banyak perubahan sepanjang generasinya. Salah satu signifikan perubahannya adalah pada bagian roda kemudinya yang telah mengalami empat kali pergantian sepanjang generasi ke tiga ini berlangsung.

Sistem mesin injeksi mulai tersedia sejak tahun 1991 yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan perubahan besar pada 1994 yang menyangkut perbaikan structural utama untuk meningkatkan faktor keselamtan serta penerapan immobilizer terbaru yang dipasang pada model bensin. Trim line-up untuk varian yang keluar di Inggris layaknya Fiesta, LX, Si dan Ghia lebih disederhanakan. Model sport XR2i diluncurkan pada tahun 1989 dengan menggunakan mesin CVH 8V yang kemudian juga digantikan dengan mesin 16V Zetec di tahun 1992.

Fiesta Mark IV (1995–2002): Fourth Generation
All New Fiesta generasi ke IV ini mulai diluncurkan pada 1995 dan sukses meraih penjualan terbaik di Inggris pada 1996-1998. Fiesta Mark IV memiliki kode internal BE91 dan keluar dengan menggunakan sasis generasi Mk 3, namun telah menggunakan beragam komponen baru dan telah mengalami pembaruan seperti pada sistem suspensinya.


Generasi Fiesta Mk 4 ini juga tak dipasarkan di Amerika Utara, namun pihak Jerman membuat produksi baru yang berdasakan pada Mk4 dengan nama Ford Puma. Dengan adanya Ford Puma yang mengusung mesin 1.7 L VCT ini, maka otomatis pertukaran mesin atau engine swap dapat dilakukan untuk generasi Mk 4 dan Mk 5. Generasi Fiesta Mk 4 dibangun dibeberapa negara seperti spanyol, Inggris, Jerman, Brazil dan juga Sout Africa dengan beragam tipe model 3-door hatchback, 5-door hatchback, 3-door panel van dan juga 3-door 'high cube'panel van.

Di tahun 1999 generasi ke 4 dari Fiesta ini juga mengalami minor facelift untuk mendongkrak tampilannya. Fiesta keluar dengan menggunakan wajah yang terinspirasi dari model Focusnya dan memiliki ubahan pada bagian bemper dan desain roda baru. Ubahan lainya terlihat dari mesin 1.6i Zetec 16V yang telah dilengkapi dengna model Zetec S kemudian juga dalaman interior yang tersedia dengan jajaran trim Ghia dan Freestyle. Mesin diesel ramah lingkungan juga turut dikeluarkan pada 2001 dengan tingkat emis CO2 yang hanya sebesar 120g/km.

Facelift Mk IV ini adalah generasi terakhir dari Fiesta yang akan dibangun di Dagenham, Inggris. Nama kode internal nya masih BE91. Garis tingkat Inggris trim-up terdiri dari: 1999, Encore, siasat, Zetec, LX, Ghia, 2000, Zetec S ditambahkan; msin E-Diesel pada 2001. Dan seperti diketahui mesin Zetec S merupakan tingkatan tertinggi di jajaran keluarga Fiesta pada waktu itu yang memapu menghasilkan out put tenaga sebesar 101 hp.
Fiesta Mark V (2002–2008):Fifth Generation
_LX_3-door_hatchback_02.jpg)
Mesin yang digunakan pada generasi Mk V ini meliputi ; 1,25, 1.3, 1.4, 1.6 L, 2.0 L bensin, ditambah 1,4 8V dan 16V 1,6 Duratorq TDCi common-rail diesel yang dibangun melalui kerjasama dengan PSA. Kesuksesan generasi ke V ini dibuktikan dengan wilayah jajahan penjualanya yang mencapai Asia dan Australia dan menggantikan posisi Kia yang berbasiskan model Festiva. Di Brazil dan Argentina, Fiesta versi Saloon diperkenalkan menjelang akhir 2004 sedangkan di India untuk versio Saloon dari Fiesta turut diperkanlkan pada akhir 2005.
Fiesta ST/XR4
Meurpakan performance model dari Fiesta. Menggusung mesin bensin Duratec 2.0 L yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 150 PS dengan kecepatan maksimum 129 mph. Fiesat ST keluar dengna pelek alloy 17” dengan model sporty yang menggunakan side skirt, strip bump, jok kulit dan log ST di roda kemudinya. Di Australia Fiesta ST dipasarkan sebagai generasi Fiesta XR4 dan emblem yang tertempel adal XR bukan ST, untuk emblem ST lebih banyak digunakan di Eropa. Fiseta XR4 diresmikan pada acara Geneva Motor Show 2004 silam.
November 2005, Fiesta generasi ke V ini mendapat sentuhan baru dengan beberapa perubahan kosmetik yang diperkenalkan seperti lampu depan dan belakang, bumper, cetakan samping dan cermin pintu yang mengalami ubahan. Sedangkan bagian dalamnya mengalami ubahan di sisi dashboardnya dengna menggunakan bahan yang lebih berkualitas dan lembut. Tampilan instrumen analog baru turut disematkan layaknya genrasi Mk 2 Ford Focus. Facelift ini juga meliputi teknologi baru seperti wiper otomatis, cermin lipat, konektifitas control suara, computer trip, konektifitas MP3 player dan juga electronic program stabilitas.
.jpg)
Merayakan hari jadinya, Fiesta juga mengeluarkan Fiesta S Limited Edition yang hanya diproduksi sebanyak 400 unit saja. Mountune Performance options ditawarkan pada 2008 silam untuk generasi fiesta ST.
Fiesta Mark VI (2008):Sixth Generation

Generasi ke enam atau Fiesta Mark VI ini ditunjukkan dalam bentuk konsep sebagai Ford Verve di Frankfurt Motor Show pada bulan September 2007 dan dipasarkan di market Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Produksi dimulai di pabrikan Ford Cologne, Jerman pada bulan Agustus 2008. Lalu dilanjutkan di Valencia, pada awal 2009 juga di Cina, Thailand dan Meksiko mulai dari akhir tahun 2008 hingga 2010.
Generasi ke enam dari Fiesta diikuti dengan varain model 5-door hatchback yang dijual secara global, 4-door saloon – yang merupakan varian original China dan Amerika dan menyusul Asia juga Australia. Varian 3-door hatchback – untuk market Eropa, Australia, dan sebagian kecil di Asia juga Singapura lalu varian 2-door van – yang hanya untuk market di Eropa saja. Sedangkan jajaran mesinya juga terdiri dari berbagai tipe seperti, 1.4L I4, 1.6L I4, 1.25L I4, 1.4L Diesel I4 dan juga 1.6L Diesel I4.


Beragam prestasi dari Fiesta juga telah berhasil dibuktikan seperti halnya dalam ajang balap rally. Salah satu contohnya yang paling terkenal adalah duo Ford Fiesta yang sempat membintangi relly Monte Carlo 1979 dikendarai oleh Roger Clark dan Jim Porter dan rekan lainnya.



Sumber : http://bit.ly/INW0s9
Follow @mobilklasik
0 komentar:
Posting Komentar